Jumat, 07 Juni 2013

TAHAPAN TERCIPTANYA SISTEM

Tahap terciptanya sistem  yang terdiri dari tahap perencanaan, analisis, rancangan, penerapan. dan penggunaaannya, yang berlangsung sampai sudah waktunya untuk merancang sistem itu kembali.
  1. Tahap perencanaan > merencanakan pembuatan sistem yang dibutuhkan dan bisa diterima lingkungan.
  2. Tahap analisis > melakukan penelitian didalam memperoleh informasi tentang sistem yang dibutuhkan dan diinginkan oleh lingkungan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau memperbarui.
  3. Tahap rancangan > menyiapkan perangkat didalam mempermudah  pembuatan rancangan sistem yang sesuai dengan informasi pada tahap analisis.
  4. Tahap penerapan > merealisasikan pembuatan sistem yang merupakan penggabungan antara sumber daya fisik dengan konseptual, serta menghasilkan suatu sistem yang sesuai dengan kebutuhan  .
  5. Tahap penggunaan > pemakai menggunakan sistem untuk memenuhi kebutuhan, dan mencapai tujuan yang telah diidentifikasi pada tahap perencanaan.


SIKLUS HIDUP SISTEM
            Konsep siklus hidup cocok dengan segala sesuatu yang lahir, tumbuh berkembang dan akhirnya mati. Pola ini juga berlaku untuk sistem berbasis komputer seperti aplikasi pengolahan data atau sistem pendukung keputusan. Siklus hidup sistem merupakan penerapan pendekatan sistem untuk tugas mengembangkan dan menggunakan sistem berbasis komputer. Siklus hidup sitem itu sendiri merupakan metodologi, tetapi polanya lebih dipengaruhi oleh kebutuhan untuk mengembangkan sistem lebih cepat.

Siklus kehidupan sistem

 







                                                         I          II           III         IV                  
 


Gb.5. Siklus Sistem

Pemahaman siklus hidup sistem
            Metodologi adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan suatu hal. Pendekatan sistem adalah metodologi dasar untuk memecahkan masalah. Siklus hidup sistem  adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi yang berbasis komputer. Karena tugas-tugas tersebut mengikuti suatu pola yang teratur dan dilakukan secara top down,  sering disebut sebagai pendekatan air terjun (waterwall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem.

Pengelolaan siklus hidup
            Siklus hidup  dikelola oleh manajer bersama – sama dengan unit jasa informasi, dibantu  analisis sistem dan programmer  serta operator, sehingga dengan adanya keterlibatan dari masing – masing elemen tersebut perkembangan dan pengembangan dari sistem dapat diketahui dengan pasti. Kapan sistem tersebut diperkenalkan, digunakan dan direkayasa ulang, karena masing – masing memiliki kepentingan dan kemampuan didalam pengelolaan sistem.

KEMAMPUAN BERINTERAKSI
Kemampuan   suatu sistem dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain : Sistem tertutup dan sistem terterbuka, Sistem terbuka yaitu suatu sistem yang mampu berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan, sedangkan sistem tertutup yaitu suatu sistem yang tidak mampu berinteraksi maupun beradaptasi dengan lingkungan.
RINGKASAN
1. Kata sistem banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian umum, Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi yang dimaksud dengan sistem bisa berbentuk apa saja dan berada dimana saja.
2. Tahap terciptanya sistem   terdiri dari tahap perencanaan, analisis, rancangan, penerapan. dan penggunaaan  berlangsung sampai suatu kurun  waktu tertentu  untuk merancang sistem itu kembali. Metodologi adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan pengembangan sistem atau subsistem informasi yang berbasis komputer.
3. Siklus hidup dikelola oleh manajer unit jasa informasi, dibantu  analisis sistem, programer dan operator. Metodologi pengambangan sistem harus diketahui oleh masing – masing yang terlibat didalam pengembangan sistem tersebut.


SOAL-SOAL

  1. Berikan penjelasan apa yang dimaksud dengan sistem ? sertakan pula contohnya untuk mendukung jawaban saudara !
  2. Berikan penjelasan dalam kehidupan sehari – hari sistem apa yang sering anda jumpai!
  3. Berikan penjelasan apa yang dimaksud dengan sistem terbuka ? sertakan pula contohnya untuk mendukung jawaban saudara!
  4. Berikan penjelasan apa yang dimaksud dengan sistem tertutup? sertakan pula contohnya untuk mendukung jawaban saudara !
  5. Berikan penjelasan mengapa siklus hidup sistem harus dipahami oleh pengembang sistem ?
  6. Berikan penjelasan mengapa suatu sistem harus dikembangkan ! sertakan pula contohnya !
  7. Apa dampak dari suatu sistem yang pengembangannya lebih cepat dibandingkan umur ekonomis sistem tersebut ? sertakan pula contohnya !
DAFTAR PUSTAKA


Burhan R, 2003, Kamus Dunia Komputer dan Internet. Surabaya : Penerbit Indah

George M. Scott. 2002. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Raja  Grafindo Persada

James A. O. Brien, 2006, Pengantar Sistem Informasi, Jakarta, Salemba Empat

Kenneth C. Laudon, 2008, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Salemba Empat

Raymond McLeod, Jr. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Indeks

Teguh Wahyono, 2003. Teknik Merakit PC Modern. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

0 komentar:

Posting Komentar