Jumat, 07 Juni 2013

SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA
KESENJANGAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam kehidupan ini kita tidak pernah terlepas dari adanya berbagai macam masalah sosial.Kesenjangan pertumbuhan ekonomi, tidak meratanya akses dan manfaat pembangunan ekonomi, kemiskinan, kekurangan pangan, dan pengangguran adalah fakta sehari-hari di kehidupan masyarakat dunia. Begitu juga yang terjadi di Indonesia. Perbedaan dalam lingkup sosial ekonomi antara lain kaya dan miskin, pekerja dan pengangguran, mereka yang mempunyai rumah dan mereka yang hanya tidur dijalanan menimbulkan berbagai permasalahan, salah satu diantaranya adalah kesenjangan sosial.
Kesenjangan sosial dapat terjadi karena adanya berbagai faktor,yaitu faktor eksternal dan faktor internal.Kesenjangan ini juga dipicu oleh adanya kemiskinan yang merajalela dan kurangnya lapangan kerja.
Di Indonesia masalah kesenjangan sosial ini memuncak pada masa orde baru zaman pemerintahan Presiden Soeharto.Hal ini disebabkan karena pada masa itu ABRI yang terdiri dari TNI dan polisi dilibatkan dalam urusan pemerintahan,sehingga saat itu TNI diberi wewenang untuk menguasai pemerintahan.Dalam perjalanannya, keadaan rakyat kecil semakin tertindas dan tidak ada keadilan dalam hal ini. Padahal dalam pembukaan dan isi Undang-undang Dasar 1945 telah dikatakan bahwa kita harus berlaku adil terhadap seluruh rakyat Indonesia.
Oleh sebab itu penulis tertarik untuk membahas lebih dalam tentang fenomena kesenjangan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia,dengan harapan pemerintah tidak boleh menyepelekan masalah yang kompleks seperti ini. Kinerja pemerintah yang cepat dan tepat sangat diperlukan serta partisipasi rakyat bersama - sama dalam memberantas kemiskinan agar tercapai suatu kesejahteraan sosial.

B. RUMUSAN MASALAH
  1. Apa penyebab kesenjangan sosial yang terjadi Indonesia?
  2. Apa akibat dari kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia?
  3. Bagaimana solusi penyelesaian yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya kesenjangan sosial?


C. TUJUAN PENULISAN
Penulisan karya tulis ini mempunyai maksud dan tujuan untuk :
  1. Mengetahui penyebab terjadinya kesenjangan sosial di Indonesia.
  2. Mengetahui akibat yang terjadi dari adanya kesenjangan sosial.
  3. Memberikan solusi penyelesaian untuk mengatasi terjadinya Kesenjangan sosial.


D. MANFAAT PENULISAN
Penulisan karya tulis ini diharapkan mempunyai manfaat yaitu:
Manfaat Teoretis
  1. Menambah pengetahuan,pengalaman dan wawasan serta bahan dalam memahami masalah sosial dalam masyarakat,khususnya mengenai gam-baran pengetahuan tentang kesenjangan sosial di Indonesia.
  2. Dapat dijadikan bahan perbandingan untuk penulisan karya tulis selanjut nya.
Manfaat Praktis
  1. Dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi penulis untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan kesenjangan sosial sehingga nanti-nya akan dapat dijadikan acuan menghadapi segala permasalahan kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.              
  2. Dapat digunakan untuk membantu berbagai pihak di dalam maupun luarpemerintah dalam upaya memberantas kesenjangan sosial.
<<<<<<<<<<<<<<Selanjutnya klik di bawah<<<<<<<<<<<<<<<<


0 komentar:

Posting Komentar