Jumat, 07 Juni 2013

Lampiran Kuesioner

PENGETAHUAN ANGGARAN (X1)

No

PERTANYAAN

(5)
(4)
(3)
(2)
(1)
  1.  
Dewan mengetahui bagaimana cara penyusunan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jika terjadi pemborosan atau kegagalan di dalam pelaksanaan kegiatan/proyek pembangunan dewan sulit mengidentifikasi
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Pelaksanaan APBD yang sebenarnya harus dilakukan oleh eksekutif dapat dewan pahami
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Dewan tidak tahu bagaimana cara penyusunan APBD yang sebenarnya
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jika terjadi kebocoran dalam pelaksanaan APBD, dewan mengetahui.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Praktik pelaksanaan APBD dilapangan ternyata sungguh sangat berbeda dan banyak yang tidak sesuai
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Dewan mampu mengidentifikasi pemborosan atau kegagalan di dalam pelaksanaan kegiatan/proyek pembangunan pada anggaran tahun berjalan secara rinci.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Dewan tidak mengetahui jika terjadi kebocoran dalam pelaksanaan APBD.
SS
S
TT
TS
STS

AKUNTABILITAS PUBLIK (X2)

No

PERTANYAAN

(5)
(4)
(3)
(2)
(1)
  1.  
Renstrada dan Arah Kebijakan Umum (AKU) APBD merupakan dasar dalam penyusunan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Proses Penyusuanan APBD melibatkan semua elemen-elemen masyarakat
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
APBD disajikan secara terbuka, cepat, dan tepat kepada seluruh masyarakat.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Kepentingan publik dan golongan menjadi pertimbangan utama dalam penyusunan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Hanya masyarakat tertentu yang terlibat dalam penyusunan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
APBD merupakan barang rahasia sehingga masyarakat tidak perlu tahu.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Indikator kinerja telah digunakan untuk mengevaluasi APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD di awasi secara kontinue
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Penyajian APBD harus menyertakan informasi masa masa lalu (sebelumnya)
SS
S
TT
TS
STS
10
Dalam mengevaluasi APBD hanya memperbandingkan anggaran dengan realisasinya
SS
S
TT
TS
STS
11
Pengawasan APBD tidak perlu dilakukan secara kontinue
SS
S
TT
TS
STS
12
Informasi masa lalu (sebelumnya) tidak perlu disajikan dalam nota perhitungan APBD
SS
S
TT
TS
STS
PARTISIPASI MASYARAKAT (X3)
No

PERTANYAAN

(5)
(4)
(3)
(2)
(1)
  1.  
Menurut saya masyarakat dilibatkan dalam memberikan masukan saat penyusunan arah dan kebijakan umum APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Hilangnya akses bagi masyarakat disebabkan karena dewan telah memanipulasi Informasi tentang perubahan kebijakan dan revisi anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Kritik dan saran masyarakat menurut saya dapat menentukan strategi dan prioritas APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya kira masyarakat sangat sedikit (bahkan tidak ada) peranannya dalam penyusunan arah dan kebijakan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Bagi saya partisipasi publik menjadi dasar dalam rangka menyusun APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Masyarakat selama ini berpartisipasi aktif dalam advokasi anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Sepengetahuan saya masyarakat selama ini tidak pernah dilibatkan dalam konsultasi publik tentang pelaksanaan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Menurut saya penetapan APBD yang terjadi selama ini lebih perpihak pada kepentingan politik
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya kira antara dewan, masyarakat dan eksekutif mengkonsultasikan atas rancangan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Pemantauan pelaksanaan APBD bukan kewenangan masyarakat
SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Saran dan kritik dari masyarakat saya kira di jadikan pertimbangan untuk merevisi anggaran

SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Forum yang diselenggarakan oleh masyarakat menjadi media penghakiman terhadap revisi dan pelaksanaan anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Jika terjadi perubahan kebijakan dalam hal APBD biasanya dewan mensosialisasikan dan masyarakat mendapatkan informasi

SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Selama ini antara dewan dengan masyarakat tidak terjadi komunikasi yang sinergis

SS
S
TT
TS
STS

TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK (X4)

No

PERTANYAAN

(5)
(4)
(3)
(2)
(1)
  1.  

Menurut saya, pengumuman kebijakan anggaran kepada masyarakat dapat meningkatkan transparansi

SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Informasi yang diberikan kepada publik selama ini menurut saya  tidak dapat meningkatkan kebijakan transparansi anggaran

SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Selama ini saya merasa mudah mengakses dokumen publik tentang anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya jarang mendapatkan pengumuman kebijakan publik tentang anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Laporan pertanggungjawaban tahunan sepengetahuan saya selama ini tepat waktu

SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Sulit bagi saya untuk mengakses dokumen publik tentang anggaran, karena terlalu birokratis
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Bagi saya kebijakan transparansi anggaran dapat mengakomodasi dan meningkatkan suara/usulan rakyat
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Laporan pertanggungjawaban tahunan selama ini menurut saya selalu molor
SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Adanya sistem pemberian informasi kepada publik bagi saya dapat meningkatkan kebijakan transparansi anggaran

SS
S
TT
TS
STS
  1.  

Menurut saya meskipun suara/usulan rakyat diakomodasi, transparansi kebijakan publik tentang anggaran tetap dimanipulasi

SS
S
TT
TS
STS

PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH  (Y)
No

PERTANYAAN

(5)
(4)
(3)
(2)
(1)
  1.  
Saya terlibat dalam memberikan masukan saat penyusunan arah dan kebijakan umum APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Menurut saya penetapan APBD lebih perpihak pada kepentingan politik
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Analisis politik saya lakukan dalam rangka menyusun APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya tidak seberapa berperanan saat penyusunan arah dan kebijakan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Bagi saya aspirasi masyarakat menjadi dasar dalam rangka menyusun APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Penyusunan APBD sering mengutamakan kepentingan politik praktis.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya terlibat dalam pengesahan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Pengesahan APBD belum menunjukan azas transparansi
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Dewan dapat menjelaskan APBD yang telah disyahkan
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Dalam Pengesahan APBD dewan tidak seberapa terlibat.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya merasa pengesahan APBD sudah memenuhi azas transparansi
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jika masyarakat menanyakan APBD yang telah disyahkan dewan kesulitan menjawabnya.
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya terlibat dalam memantau pelaksanaan APBD
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jika terjadi revisi anggaran dalam APBD saya kira wajar saja
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya aktif melakukan evaluasi terhadap laporan triwulanan/bulanan yang dibuat eksekutif
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Pemantauan pelaksanaan APBD bukan kewenangan saya
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya menanyakan alasan adanya revisi anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jarang sekali saya mengevaluasi laporan triwulanan/bulanan yang dibuat eksekutif
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya meminta keterangan atas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD yang disampaikan Bupati/Walikota
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Penolakan terhadap LPJ Walikota/Bupati saya lakukan jika terjadi kepentingan konspirasi politik
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya menanyakan LPJ APBD jika terjadi kejanggalan
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Seperlunya saja saya meminta keterangan atas LPJ APBD yang disampaikan Bupati/Walikota
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Jika ada kejanggalan dalam LPJ APBD saya kira hanya karena ketidak cermatan dalam menghitung nota anggaran
SS
S
TT
TS
STS
  1.  
Saya aktif menggunakan hak untuk menolak LPJ Walikota/Bupati jika tidak sesuai dengan standar kinerja dan indikator kinerja yang telah ditetapkan.
SS
S
TT
TS
STS


0 komentar:

Posting Komentar