Lampiran Kuesioner
PENGETAHUAN
ANGGARAN (X1)
No
|
PERTANYAAN
|
(5)
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
-
|
Dewan mengetahui bagaimana cara
penyusunan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika terjadi pemborosan atau
kegagalan di dalam pelaksanaan kegiatan/proyek pembangunan dewan sulit
mengidentifikasi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Pelaksanaan APBD yang sebenarnya
harus dilakukan oleh eksekutif dapat dewan pahami
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Dewan tidak tahu bagaimana cara
penyusunan APBD yang sebenarnya
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika terjadi kebocoran dalam
pelaksanaan APBD, dewan mengetahui.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Praktik pelaksanaan APBD
dilapangan ternyata sungguh sangat berbeda dan banyak yang tidak sesuai
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Dewan mampu mengidentifikasi
pemborosan atau kegagalan di dalam pelaksanaan kegiatan/proyek pembangunan
pada anggaran tahun berjalan secara rinci.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Dewan tidak mengetahui jika
terjadi kebocoran dalam pelaksanaan APBD.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
AKUNTABILITAS
PUBLIK (X2)
No
|
PERTANYAAN
|
(5)
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
-
|
Renstrada dan Arah Kebijakan Umum
(AKU) APBD merupakan dasar dalam penyusunan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Proses Penyusuanan APBD
melibatkan semua elemen-elemen masyarakat
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
APBD disajikan secara terbuka,
cepat, dan tepat kepada seluruh masyarakat.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Kepentingan publik dan golongan
menjadi pertimbangan utama dalam penyusunan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Hanya masyarakat tertentu yang
terlibat dalam penyusunan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
APBD merupakan barang rahasia
sehingga masyarakat tidak perlu tahu.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Indikator kinerja telah digunakan
untuk mengevaluasi APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Pelaksanaan dan
pertanggungjawaban APBD di awasi secara kontinue
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Penyajian APBD harus menyertakan
informasi masa masa lalu (sebelumnya)
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
10
|
Dalam mengevaluasi APBD hanya
memperbandingkan anggaran dengan realisasinya
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
11
|
Pengawasan APBD tidak perlu
dilakukan secara kontinue
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
12
|
Informasi masa lalu (sebelumnya)
tidak perlu disajikan dalam nota perhitungan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
PARTISIPASI
MASYARAKAT (X3)
No
|
PERTANYAAN
|
(5)
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
-
|
Menurut saya masyarakat
dilibatkan dalam memberikan masukan saat penyusunan arah dan kebijakan umum
APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Hilangnya akses bagi masyarakat
disebabkan karena dewan telah memanipulasi Informasi tentang perubahan
kebijakan dan revisi anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Kritik dan saran masyarakat
menurut saya dapat menentukan strategi dan prioritas APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya kira masyarakat sangat
sedikit (bahkan tidak ada) peranannya dalam penyusunan arah dan kebijakan
APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Bagi saya partisipasi publik
menjadi dasar dalam rangka menyusun APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Masyarakat selama ini
berpartisipasi aktif dalam advokasi anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Sepengetahuan saya masyarakat
selama ini tidak pernah dilibatkan dalam konsultasi publik tentang pelaksanaan
APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Menurut saya penetapan APBD yang
terjadi selama ini lebih perpihak pada kepentingan politik
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya kira antara dewan,
masyarakat dan eksekutif mengkonsultasikan atas rancangan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Pemantauan pelaksanaan APBD bukan
kewenangan masyarakat
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saran
dan kritik dari masyarakat saya kira di jadikan pertimbangan untuk merevisi
anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Forum yang diselenggarakan oleh
masyarakat menjadi media penghakiman terhadap revisi dan pelaksanaan anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika
terjadi perubahan kebijakan dalam hal APBD biasanya dewan mensosialisasikan
dan masyarakat mendapatkan informasi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Selama
ini antara dewan dengan masyarakat tidak terjadi komunikasi yang sinergis
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK (X4)
No
|
PERTANYAAN
|
(5)
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
-
|
Menurut
saya, pengumuman kebijakan anggaran kepada masyarakat dapat meningkatkan
transparansi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Informasi
yang diberikan kepada publik selama ini menurut saya tidak dapat
meningkatkan kebijakan transparansi anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Selama ini saya merasa mudah
mengakses dokumen publik tentang anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya jarang mendapatkan
pengumuman kebijakan publik tentang anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Laporan
pertanggungjawaban tahunan sepengetahuan saya selama ini tepat waktu
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Sulit bagi saya untuk mengakses
dokumen publik tentang anggaran, karena terlalu birokratis
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Bagi saya kebijakan transparansi
anggaran dapat mengakomodasi dan meningkatkan suara/usulan rakyat
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Laporan pertanggungjawaban
tahunan selama ini menurut saya selalu molor
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Adanya
sistem pemberian informasi kepada publik bagi saya dapat meningkatkan
kebijakan transparansi anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Menurut
saya meskipun suara/usulan rakyat diakomodasi, transparansi kebijakan publik
tentang anggaran tetap dimanipulasi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (Y)
No
|
PERTANYAAN
|
(5)
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
-
|
Saya terlibat dalam memberikan masukan saat penyusunan arah dan kebijakan
umum APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Menurut saya penetapan APBD lebih
perpihak pada kepentingan politik
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Analisis politik saya lakukan dalam rangka menyusun APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya tidak seberapa berperanan saat penyusunan arah dan kebijakan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Bagi saya aspirasi masyarakat menjadi dasar dalam rangka menyusun APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Penyusunan APBD sering mengutamakan kepentingan politik praktis.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya terlibat dalam pengesahan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Pengesahan APBD belum menunjukan azas transparansi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Dewan dapat menjelaskan APBD yang telah disyahkan
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Dalam Pengesahan APBD dewan tidak seberapa terlibat.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya merasa pengesahan APBD sudah memenuhi azas transparansi
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika masyarakat menanyakan APBD yang telah disyahkan dewan kesulitan
menjawabnya.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya terlibat dalam memantau pelaksanaan APBD
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika terjadi revisi anggaran dalam APBD saya kira wajar saja
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya aktif melakukan evaluasi
terhadap laporan triwulanan/bulanan yang dibuat eksekutif
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Pemantauan pelaksanaan APBD bukan kewenangan saya
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya menanyakan alasan adanya revisi anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jarang sekali saya mengevaluasi laporan triwulanan/bulanan yang dibuat
eksekutif
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya meminta keterangan atas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD yang
disampaikan Bupati/Walikota
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Penolakan terhadap LPJ Walikota/Bupati saya lakukan jika terjadi
kepentingan konspirasi politik
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya menanyakan LPJ APBD jika terjadi kejanggalan
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Seperlunya saja saya meminta keterangan atas LPJ APBD yang disampaikan
Bupati/Walikota
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Jika ada kejanggalan dalam LPJ APBD saya kira hanya karena ketidak
cermatan dalam menghitung nota anggaran
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
-
|
Saya aktif menggunakan hak untuk menolak LPJ Walikota/Bupati jika tidak
sesuai dengan standar kinerja dan indikator kinerja yang telah ditetapkan.
|
SS
|
S
|
TT
|
TS
|
STS
|
0 komentar:
Posting Komentar