Jumat, 07 Juni 2013

PEMROSESAN DATA
  
Komputer masa kini lebih cepat dan murah dibandingkan dengan generasi – generasi sebelumnya, karena kemampuan dan biayanya yang murah komputer telah mengambil peran utama dalam masyarakat kita.
Komputer pengolah data melakukan seluruh pengolahan data serta pemutakhiran file secara elektronis. Sifat elektronis dari komputer melahirkan sifat penting yaitu :
1.        Komputer mampu melaksanakan perintah dengan cepat.
2.        Komputer mampu melaksanakan perhitungan dan perbandingan secara logis.
3.        Komputer mampu mengolah data dengan  tingkat kesalahan yang relatif kecil.
4.        Komputer dapat diandalkan karena sifatnya yang elektronis.
Kecepatan, kecermatan dan kehandalan komputer melaksanakan sebagian besar kegiatan manajemen dan bukan sekedar mengolah data. Komputer juga mempengaruhi cara manajer dalam mengelola, cara perusahaan melaksanakan kegiatan serta penataan fungsional dalam organisasi.
Apa yang harus diketahui seorang manajer tentang komputer antara lain :
  1. Implikasi komputer bagi masyarakat.
  2. Prinsip umum bagaimana sistem komputer bekerja.
  3. Komponen sistem informasi komputer dan bagaimana masing-masing komponen bekerja.
  4. Berbagai alternatif konfigurasi dari sistem komputer.
  5. Sifat khusus yang memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya.
  6. Terminologi tentang komputer.
Pengetahuan tentang bahasa komputer bermanfaat untuk tujuan sbb :
·         Memahami struktur informasi untuk organisasi tertentu
·         Dasar komunikasi dengan personil pengolah data dalam rangka mendorong perkembangan lebih jauh sistem informasi berkomputer.
·         Memungkinkan para manajer berpartisipasi secara langsung dalam pengembangan sistem.
SISTEM KOMPUTER
Berikut adalah komponen pembentuk sebuah sistem komputer :

1.        Komponen elektronik yang melaksanakan kegiatan penghitungan dan pemeriksaan logis, menyimpan data di dalam memori dan menyiapkan lintasan untuk pergerakan data di seluruh sistem komputer.
2.        Komponen elektromekanis yang mempunyai bagian pergerakan mekanis, seperti piranti input dan output.
3.        Bagian data yang berisi elemen data.
4.        File data, yang merupakan tempat penyimpanan item data.
5.        Program merupakan serangkaian instruksi dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer dan ditulis  orang untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus  dilaksanakan.


PERANGKAT KERAS / HARDWARE KOMPUTER
Komponen perangkat keras (hardware) merupakan komponen-komponen komputer yang secara langsung dapat ditangkap oleh indera peraba kita seperti :
1.       Casing, merupakan kotak tempat peletakan komponen-komponen pemrosesan di dalam komputer.
2.       Prosesor, atau dikenal sebagai central processing unit (CPU) yang merupakan pusat pengolahan data (unit utama tempat pemrosesan dilakukan).
3.       Motherboard, merupakan papan induk yang berfungsi untuk pusat pengendali lalu lintas data antar komponen yang ada dalam komputer.
4.       Memory/main memory atau random access memory (RAM) mengacu pada area penyimpanan tempat data yang diproses dan instruksi program yang sedang dilaksanakan. Memory juga merupakan komponen pengingat internal yang ada pada komputer dan berfungsi membantu kinerja komputer dalam kecepatan proses.
5.       Sound dan graphic card, untuk keperluan menampilkan gambar dan suara sebagai bagian dari multimedia dalam komputer.
6.       Harddisk, CD Drive dan floppy drive, untuk keperluan penyimpanan data.
7.       Monitor, yang berfungsi sebagai layar penampil teks dan grafis dalam komputer.
8.       Keyboard dan mouse yang merupakan komponen input data pad komputer.
9.       speaker, merupakan komponen penampil suara yang dihasilkan pemrosesan audio card  komputer.
Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti perkembangan terbaru hardware komputer yaitu, :
·         Hukum moore, yaitu kepadatan integrated circuits pada suatu chip silikon berlipat ganda hampir setiap tahun.
·         Perlu memanfaatkan berbagai sumber informasi baru mengenai sumber daya komputer.

PERANGKAT LUNAK/SOFTWARE KOMPUTER
Komponen perangkat lunak merupakan program-program yang nantinya akan terinstall pada komputer sehingga mampu melaksanakan aktivitas.
Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan  pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya diaktifkan setelah Sistem Operasi telah melaksanakan akativitasnya, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time O
Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya.
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah..
Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
Ada dua jenis dasar perangkat lunak yaitu :
  1. Sistem : diperlukan untuk menggunakan komputer itu sendiri, merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
Program sistem dapat di bagi dalam tiga klasifikasi yaitu sistem operasi, program utility dan program khusus
Sistem operasi mengelola proses komputer berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak aplikasi dan perangkat keras. Contoh : DOS, WINDOWS, UNIX, LINUX.
Ada lima fungsi dasar yang dilaksanakan suatu sistem operasi :
a.    Menjadwalkan tugas.
b.    Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak.
c.    Menjaga keamanan sistem
d.   Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai.
e.    Menangani interupt (suatu teknik yang digunakan oleh sistem operasi untuk menunda sementara pemrosesan satu program supaya program lain dapat dilaksanakan.
Program utility, memungkinkan pemakai untuk menyalin file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih dan menyiapakn pemakaian media penyimpanan yang dapat dipindahkan.
Program bertujuan khusus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi dan memberikan layanan khusus kepada program aplikasi. Contoh : sistem manajemen database.
  1. Aplikasi : merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan seperi misalnya jika kita menggunakan komputer untuk keperluan perkantoran, maka harus disiapkan aplikasi perkantoran seperti MS Word, MS Excell, Power point serta MS Access. Untuk keperluan percetakan bisa menggunakan corel draw, adobe photoshop dll.
Ada dua jenis dasar perangkat lunak aplikasi yaitu :
    1. Perangkat lunak aplikasi jadi : diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pemakai. Untuk menggunakannya para pemakai hanya perlu menginstall perangkat lunak diperangkat keras mereka dengan sedikit atau tanpa memodifikasi. Perangkat lunak jadi memiliki dua keunggulan yaitu : tersedia saat dibutuhkan tanpa harus menunggu dan harganya lebih murah.
    2. Perangkat lunak aplikasi pesanan : ada kalanya organisasi bisnis memiliki operasi yang tidak serupa dengan bisnis lain, dia ingin mengembangkan sistemnya sendiri, maka dia perlu pesan program yang sesuai dengan organisasi bisnisnya.

UNIT PEMROSES CENTRAL (CPU)
Unit pemroses pusat /central processing unit (CPU) adalah jantung sistem komputer. 

  1. Memori utama (memori primer)
  2. Bagian kendali
  3. Unit logika aritmetika (ALU)
Seluruh CPU tersusun atas rangkaian elektronik, termasuk didalamnya adalah pencatat (register) yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dalam komputer sama seperti cara yang digunakan pencatat dalam kalkulator.
Tujuan utama fungsi ALU adalah melaksanakan seluruh perhitungan (menambah, mengurangi, mengalikan dan membagi) dan pembandingan logis (sama dengan, lebih besar dari dan kuang dari) dari seluruh sistem komputer.

Bagian pengendalian dari CPU berisi sebuah master clock yang secara tepat mengalokasikan dan menjaga lintasan waktu dari setiap kegiatan CPU, memiliki beberapa fungsi, yaitu :
  1. Menerima dan menguraikan perintah dari program.
  2. Menafsirkan dan kemudian meletakkan bagian kegiatan operator (bagian dari instruksi yang memberi tahu ALU tentang apa yang harus dikerjakan) di dalam catatan ALU.
  3. Mengarahkan lalu lintas data di dalam CPU

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).
Jenis status yang mungkin dapat diberikan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas

Memori utama  akan menyimpan data yang menunggu pemrosesan oleh ALU dan juga data yang baru saja diproses. Kapasitas penyimpanan memori utama diukur dengan satua nbyte, dan satu byte adalah satu karakter informasi, seperti “A” atau “B” atau sebuah angka digit-tunggal.

DAFTAR PUSTAKA

 Burhan R, 2003, Kamus Dunia Komputer dan Internet. Surabaya : Penerbit Indah

George M. Scott. 2002. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Raja  Grafindo Persada

James A. O. Brien, 2006, Pengantar Sistem Informasi, Jakarta, Salemba Empat

Kenneth C. Laudon, 2008, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Salemba Empat

Raymond McLeod, Jr. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Indeks

Teguh Wahyono, 2003. Teknik Merakit PC Modern. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

0 komentar:

Posting Komentar