Jumat, 07 Juni 2013

HAK  SOSIAL DAN KOMPUTER

Masyarakat memiliki hak-hak tertentu berkaitan dengan penggunaan komputer, yaitu :
I. Hak atas komputer :
  1. Hak atas akses komputer
  2. hak atas keahlian komputer
  3. hak atas spesialis komputer
  4. hak atas pengambilan keputusan komputer
II. Hak atas informasi :
1.      Hak atas privasi
2.      Hak atas akurasi
3.      Hak atas kepemilikan
4.      Hak atas akses

Kontrak sosial jasa informasi
Untuk memecahkan permasalahan etika komputer, jasa informasi harus masuk ke dalam suatu kontrak sosial yang memastikan bahwa komputer akan digunakan untuk kebaikan sosial. Jasa informasi membuat kontrak dengan individu dan kelompok yang menggunakan atau yang mempengaruhi oleh output informasinya. Kontrak ini tidak tertulis tetapi tersirat dalam segala sesuatu yang dilakukan jasa informasi.

Kontrak tersebut, menyatakan bahwa :
Ø  Komputer tidak akan digunakan untuk sengaja mengganggu privasi orang
Ø  Setiap ukuran akan dibuat untuk memastikan akurasi pemrosesan komputer
Ø  Hak milik intelektual akan dilindungi
Ø  Komputer dapat diakses masyarakat sehingga anggota masyarakat terhindar dari ketidaktahuan informasi.

OPERASIONAL KOMPUTER 
Donn Parker menyatakan bahwa  langkah - langkah yang harus diperhatiakan dalam mengimplementasikan komputer  dalam perusahaan, yaitu :
  1. Formulasikan kode pemakai komputer.
  2. Tetapkan aturan prosedur yang berkaitan dengan masalah-masalah seperti penggunaan jasa komputer, antara lain aplikasi paket program dan data,  untuk kepentingan pribadi atau perusahaan.
  3. Jelaskan sanksi yang akan diambil terhadap pelanggaran antara lain : seperti teguran, penghentian dan tuntutan
  4. Sosialisasikan  perilaku etis pada saat mengoperasikan komputer.
  5. Fokuskan perhatian pada etika melalui program-program seperti pelatihan dan bacaan yang disyaratkan
  6. Promosikan UU kejahatan komputer dengan memberikan informasikan kepada karyawan
  7. Simpan suatu catatan formal yang menetapkan pertanggungjawaban tiap spesialis informasi untuk semua tindakannya,  jangan diberi kesempatan  untuk melanggar etika.
  8. Dorong partisipasi dalam suatu forum informasi serta berikan contoh.

Menempatkan etika komputer dalam perspektif
Berbagai masalah sosial yang gawat ada sekarang ini, karena pemerintah dan organisasi bisnis gagal untuk menegakkan standar etika tertinggi dalam penggunaan komputer.  Sepuluh langkah yang dianjurkan Paker dapat diikuti CIO di perusahaan manapun untuk mengantisipasi penerapan etika jasa informasi.

Kode Kepemimpinan Perilaku Jasa Informasi
Sumber : Donn B. Parker, “Ethics for Information Systems Personnel” Journal of Information Systems Management 5 (Summer 1988), 46.

Organisasi SIM dipercayakan pada program komputer, pasokan, data, dokumentasi, dan fasilitas yang terus meningkat ukuran dan nilainya. Kita harus memelihara standar kinerja, keamanan dan perilaku yang jelas membantu kita dalam memastikan integritas dan perlindungan berbagai aktiva ini. Karena itu, hal-hal berikut ini harus digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan kerja. Namun keberhasilan program ini tergantung pada kewaspadaan tiap anggota organisasi SIM pada nilai aktiva yang dipercayakan kepadanya. Harus disadari bahwa pelanggaran kepercayaan ini mengakibatkan tindakan pendisiplinan, termasuk pemberhentian.
Secara khusus para karyawan harus :
  1. Melakukan semua kegiatan tanpa kecurangan. Hal ini mencakup pencurian atau penyalahgunaan uang, peralatan, pasokan, dokumentasi, program komputer, atau waktu komputer.
  2. Menghindari segala tindakan yang mengkompromikan integritas mereka. Misalnya pemalsuan catatan dan dokumen, modifikasi program dan file produksi tanpa ijin, bersaing bisnis dengan organisasi, atau terlibat dalam perilaku yang mungkin mempengaruhi perusahaan atau reputasinya. Para karyawan tidak boleh menerima hadiah dari pemasok, agen dan pihak-pihak seperti itu.
  3. Menghindari segala tindakan yang mungkin menciptakan situasi berbahaya. Termasuk membawa senjata tersembunyi di tempat kerja, mencederai orang lain atau mengabaikan standar keselamatan dan keamanan.
  4. Tidak menggunakan alkhohol atau obat terlarang saat bekerja dan tidak bekerja di bawah pengaruh alkhohol atau obat terlarang atau kondisi lain yang tidak bugar untuk bekerja.
  5. Memelihara hubungan yang sopan dan profesional dengan para pemakai, rekan kerja dan penyelia. Tugas pekerjaan harus dilaksanakan sesuai dengan permintaan supervisor dan manajemen serta harus sesuai dengan standar keamanan bekerja. Setiap penemuan pelanggaran perilaku atau keamanan harus segera dilaporkan.
  6. Berpegang pada peraturan kerja dan kebijakan pengupahan lain.
  7. Melindungi kerahasiaan atau informasi yang peka mengenai posisi persaingan perusahaan, rahasia dagang atau aktiva.
  8. Melakukan praktek bisnis yang sehat dalam mengelola sumber daya perusahaan seperti sumber daya manusia, penggunaan komputer, atau jasa luar.

Menerapkan teori pengambilan keputusan pemasaran yang etis pada sistem informasi.
Softlifting : istilah untuk penggandaan ilegal perangkat lunak komputer.
Tidak ada teori dari sistem informasi untuk mengatur perilaku tidak etis tersebut. Namun ada satu teori dari pemasaran dapat diterapkan yaitu teori yang dikembangkan oleh S.D. hunt dan S.J. Vitell.
Teori ini mencakup dua komponen kunci dari pengambilan keputusan yang etis, yaitu :
  1. Komponen deontologis
Teori deontologis mengasumsikan bahwa ada satu set peraturan atau panduan untuk mengarahkan perilaku etis. Aturan-aturan ini dapat didasarkan pada keyakinan agama, intuisi atau faktor lain.
  1. Komponen teleologis
Teori telelogis mengukur derajat kebenaran atau kesalahan berdasarkan konsekuensinya. Konsekuensi tersebut dapat dilihat dari sudut pandang apa yang terbaik bagi individu yang melakukan tindakan atau apa yang terbaik bagi masyarakat secara keseluruhan.
RINGKASAN
  1. Moral, etika dan hukum, semua mengatur perilaku kita. Moral memiliki sejarah dan ada dalam bentuk peraturan-peraturan. Etika di lain pihak terutama dipengaruhi oleh masyarakatkita dapat berbeda dari satu masyarakat dengan yang lain. Hukum ada dalam bentuk tertulis dan mewakili perilaku yang penguasa harapkan.
  2. Para eksekutif menekankan budaya etis pada organisasi mereka dalam tiga lapis, yaitu :
    • Corporate credo
    • Program etika
    • Kode etik perusahaan
  3. Etika komputer mengharuskan CIO untuk waspada pada etika penggunaan komputer dan menempatkan kebijakan yang memastikan kepatuhan pada budaya etika. Manajer-manajer lain dan semua pegawai yang menggunakan komputer atau yang terpengaruh oleh komputer turut bergabung dengan CIO dalam tanggung jawab ini.
  4. Masyarakat mementingkan etika komputer karena tiga alasan dasar, yaitu :

·         Logika kelenturan komputer
·         Komputer mengubah cara hidup dan kerja kita
·         Proses komputer tersembunyi dari penglihatan karena nilai-nilai pemograman yang tidak terlihat.
  1. Masyarakat memiliki hak tertentu berkaitan dengan komputer, yaitu :
a. Hak atas komputer :
·         Hak atas akses komputer
·         Hak atas keahlian komputer
·         Hak atas spesialis komputer
·         Hak atas pengambilan keputusan komputer
                  b. Hak atas informasi :
·         Hak atas privasi
·         Hak atas akurasi
·         Hak atas kepemilikan
·         Hak atas akses









SOAL-SOAL
  1. Apa yang anda ketahui tentang moral, etika dan hukum serta bagaimana penerapannya ?.
  2. Jelaskan hubungan antara moral, etika dan hukum !.
  3. Bagaimana manajemen puncak menciptakan budaya etika !.
  4. Siapa yang bertanggungjawab atas etika komputer dalam perusahaan, jelaskan !.
  5. Mengapa etika perlu ditetapkan dalam penggunaan komputer ?. Sertakan contohnya untuk mendukung jawaban saudara !
  6. Bagaimana suatu perusahaan dapat mengenali atau menghargai perilaku etis ?.
  7. Jelaskan alasan tiga alasan utama masyarakat pada komputer !.
  8. Berikan dua unsur dalam program etika perusahaan !. Sertakan contohnya untuk mendukung jawaban saudara !
  9. Sertakan contohnya untuk mendukung jawaban saudara !
  10. Jelaskan hak-hak masyarakat atas komputer !.
  11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kontrak sosial jasa informasi !. Sertakan contohnya untuk mendukung jawaban saudara !








DAFTAR PUSTAKA


Burhan R, 2003, Kamus Dunia Komputer dan Internet. Surabaya : Penerbit Indah

George M. Scott. 2002. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Raja  Grafindo Persada

James A. O. Brien, 2006, Pengantar Sistem Informasi, Jakarta, Salemba Empat

Kenneth C. Laudon, 2008, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Salemba Empat

Raymond McLeod, Jr. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Indeks


Teguh Wahyono, 2003. Teknik Merakit PC Modern. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

0 komentar:

Posting Komentar