BAB V
RENCANA
KEGIATAN, INDIKATOR, KELOMPOK SASARAN
DAN PENDANAAN INDIKATIF
Untuk mendukung pelaksanaan tugas
dan fungsi serta program yang telah ditetapkan Biro hukum memperoleh sejumlah
dana rutin yang bersumber dari dana APBD Provinsi Nusa Tenggara Barat dan
dipergunakan untuk melaksanakan seluruh kegiatan yang telah diprogramkan,
dengan rincian sebagai berikut :
5.1. Program
Kegiatan APBD
KODE REKENING
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENDANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
INDIKATIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
(Rp)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
TAHUN
ANGGARAN 2009
|
1,683,305,800
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
20
|
03
|
5
|
1
|
BELANJA TIDAK LANGSUNG
|
565,380,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
5
|
1
|
Tunjangan Fungsional Umum
|
565,380,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1
|
20
|
03
|
01
|
|
BELANJA LANGSUNG
|
1,117,925,800
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
|
Program Pelayanan
Administrasi Perkantoran
|
294,297,400
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
01
|
Penyediaan jasa surat
menyurat
|
3,715,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
02
|
Penyediaan jasa komunikasi,
sumber daya air dan listrik
|
13,600,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
07
|
Penyediaan jasa
administrasi keuangan
|
55,800,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
10
|
Penyediaan alat tulis
kantor
|
6,250,800
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
11
|
Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
|
7,002,600
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
15
|
Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang undangan
|
6,264,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
17
|
Penyediaan makanan dan
minuman
|
6,000,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
18
|
Rapat rapat koordinasi dan
konsultasi ke luar daerah
|
44,150,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
01
|
19
|
Penyediaan jasa
administrasi dan teknis perkantoran
|
151,515,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
;02
|
|
Program peningkatan
sarana dan prasarana aparatur
|
55,850,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
02
|
24
|
Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
|
41,100,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
02
|
30
|
Pemeliharaan rutin/berkala peralatan kantor
|
14,750,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
03
|
|
Program peningkatan
disiplin aparatur
|
22,050,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
03
|
02
|
Pengadaan Pakaian Khusus
dan Hari hari tertentu
|
22,050,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
05
|
|
Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
|
11,350,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
05
|
03
|
Bintek Implementasi
Peraturan Per UU an
|
11,350,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
06
|
|
Program peningkatan pengembangan sistim pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
capaian kinerja dan
keuangan
|
18,750,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
06
|
01
|
Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtiar realisasi kinerja SKPD
|
6,250,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
06
|
04
|
Penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun
|
6,250,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
06
|
08
|
Penyusunan RKA dan DPA SKPD
|
6,250,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
|
Program Penataan Peraturan Perundang undangan
|
715,628,400
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
01
|
Koordinasi kerjasama
permasalahan peraturan
|
178,909,500
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perundang undangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
02
|
Penyusunan rencana kerja
rancangan peraturan
|
178,909,500
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perundang undangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
04
|
Fasilitasi sosialisasi
peraturan perundang undangan
|
59,650,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
05
|
Publikasi peraturan
perundang undangan
|
119,250,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
20
|
03
|
26
|
06
|
Kajian peraturan per Uuan
Daerah terhadap peraturan
|
178,909,400
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perundang undangan yang
baru, lebih tinggi dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keserasian antar peraturan
Per Uuan Daerah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2. Program Kegiatan APBN
Untuk melaksanakan program dan kegiatan Biro Hukum yang bersumber dari dana
APBD adalah sangat terbatas, sehingga sangat dibutuhkan pendanaan yang
bersumber dari APBN (Dekon).
Adapun rencana program
kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Biro Hukum yang diharapkan pendanaannya
dari ABPN adalah :
a. Inventarisasi,
Harmonisasi dan Work Shop Imflementasi Peraturan Perundang Undangan Pusat dan
Korelasinya dengan Peraturan Daerah
b. Bintek Peraturan Perundang undangan
c. Bintak HAM bagi Aparat Pemerintah, Tokoh
Masyarakat dan LSM dan sosialisasi HAKI
d.
Bintek
Naskah Perjanjian (MOU)
Kegiatan sebagaimana dimaksud pada huruf
a, huruf b, huruf c dan huruf d merupakan kebutuhan masyarakat NTB
sebagai sarana sosialisasi dan pemahaman Peraturan Perundang-undangan, dan
diharapkan dengan program kegiatan tersebut akan menambah kualitas SDM Aparat
dan Masyarakat sehingga pada gilirannya akan berimflikasi kepada pelayanan yang
paripurna, efektif dan efesien.
5.3.
Indikator, Sasaran, Kegiatan APBD
PROGRAM/KEGIATAN/SUB
KEGIATAN
|
INDIKATOR SASARAN
|
|
BELANJA TIDAK LANGSUNG
|
|
|
Tunjangan Fungsional Umum
|
|
|
|
|
|
BELANJA LANGSUNG
|
|
|
Program Pelayanan
Administrasi Perkantoran
|
Terciptanya Pelayanan dan administrasi yang lancer
|
|
|
|
|
Penyediaan jasa surat
menyurat
|
Tersalurnya dan
terdistribusinya surat surat
|
|
|
|
|
Penyediaan jasa komunikasi,
sumber daya air dan listrik
|
Terciptanya komunikasi yang
baik dan lancer
|
|
|
|
|
Penyediaan jasa
administrasi keuangan
|
Terciptanya administrasi keuangan yang baik dan lancer
|
|
|
|
|
Penyediaan alat tulis
kantor
|
Tersedianya alat tulis
kantor
|
|
|
|
|
Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
|
Tersedianya bahan cetakan
|
|
|
Tergandakannya laporan
laporan dan surat-suarat lainnya
|
|
|
|
|
Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang undangan
|
Tersedianya bahan bacaan dan peraturan Per Undang-undangan
|
|
|
|
|
Penyediaan makanan dan
minuman
|
Tersedianya makanan dan
minuman tamu kantor
|
|
|
|
|
Rapat rapat koordinasi dan
konsultasi ke luar daerah
|
Terlaksananya rapat rapat
Biro hukum di luar Daerah
|
|
|
|
|
Penyediaan jasa
administrasi dan teknis perkantoran
|
Terbayarnya gaji dan
tunjangan kinerja PTT
|
|
|
|
|
Program peningkatan
sarana dan prasarana aparatur
|
Tersedianya Kendaraan
dan komputer,AC,mesin tik
|
|
|
|
|
Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
|
Terciptanya kendaraan
operasioanl yang terawat dan
terpelihara
|
|
|
|
|
Pemeliharaan rutin/berkala peralatan kantor
|
Terciptanaa komputer, mesin ketik dan AC yang terawat dan terpelihara
|
|
|
|
|
Program peningkatan
disiplin aparatur
|
Terwujudnya keseragaman
pakaian kerja
|
|
|
|
|
Pengadaan Pakaian Khusus
dan Hari hari tertentu
|
Terpenuhinya pakaian kerja
pegawai yang seragam
|
|
|
|
|
Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
|
Tersedianya Sumber daya
manusia yang terampil
|
|
|
|
|
Bintek Implementasi
Peraturan Per UU an
|
Tersedianya Sumber daya
manusia yang terampil
|
|
|
|
|
Program peningkatan pengembangan sistim pelaporan
|
|
|
|
|
|
Capaian kinerja dan
keuangan
|
Tersusunnya alaporan keuangan, RKA,DPA dan lakip
|
|
|
|
|
Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtiar realisasi kinerja SKPD
|
Tersusunnya laporan capaian kinerja (Lakip) 2008
|
|
|
|
|
Penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun
|
Tersusunnya laporan keuangan akhir tahun 2008
|
|
|
|
|
Penyusunan RKA dan DPA SKPD
|
Tersusunnya RKA dan DPA TA 2009
|
|
|
|
|
Program Penataan Peraturan Perundang undangan
|
Tertatanya Peraturan
Perundang undangan
|
|
|
|
|
Koordinasi kerjasama
permasalahan peraturan
|
- Trsosialisasinya 10
kasus/perkara
|
|
perundang undangan
|
- Terjaringnya pelanggaran
asusila sebanyak 25 orang
|
|
|
- Tersosialisasinya Naskah Perjanjian Kerjasama sebanyak 10 naskah
|
|
|
|
|
Penyusunan rencana kerja
rancangan peraturan
|
- Tersusunnya dan
terbentuknya Perda 10 Bh
|
|
Perundang undangan
|
- Tersusunnya dan
terbentuknya Pergub 20 bh
|
|
|
- Tersusunnya dan
terbentuknya Kepgub 400 bh
|
|
|
|
|
Fasilitasi sosialisasi
peraturan perundang undangan
|
Dipahaminya masalah HAM
oleh masyarakat dan Aparatur Pemerintah
30 orang se NTB
|
|
|
|
|
Publikasi peraturan
perundang undangan
|
-Tersosialisasinya Peraturan perundang undangan Kabupaten se-NTB
|
|
|
- Meningkatnya SDM Pengelola JDI
Hukum se NTB
|
|
|
|
|
Kajian peraturan per Uuan Daerah terhadap peraturan Perundang undangan
yang baru, lebih
|
Terevaluasi dan terkajinya
Perda Kabupaten Kota
|
|
tinggi dan keserasian antar
peraturan Per –UU-an Daerah
|
dan Peraturan
Bupati/Walikota se NTB
|
|
|
sebanyak 108 buah
|
|
|
|
Sumber pendanaan kegiatan Biro Hukum hanya berasal dari dana APBD untuk dua
tahun terakhir (2008 – 2009 ) cenderung
menurun sementara dana dari APBN ( Dana Dekon) tidak ada, sehingga untuk
mencapai target kegiatan pada Biro Hukum secara optimal sangat diharapkan
bantuan dana dari APBN.
0 komentar:
Posting Komentar